RSS

Siapa bilang Pacitan kota sepi dan mati? luangkan waktu jalan-jalan menikmati 1001 goa dan pantai di Pacitan.

Halaman

tips sehat

Olahraga praktis, efektif, dan tanpa biaya

Sejumlah pakar kesehatan meyakini bahwa berjalan kaki sebanyak sepuluh ribu langkah sama dengan sekitar 7,5 kilometer per hari, ini mampu menyetabilkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, serta memperbaiki suasana hati.

Apapun caranya, yang jelas jalan kaki merupakan pilihan latihan fisik yang murah meriah dan praktis untuk masyarakat yang super sibuk.

Anda ajak keluarga(anak/pasangan Anda) saat akhir pekan kira-kira 30 menit saja, bisa juga mensiasati dengan mengambil tempat parkir yang agak jauh saat berbelanja ke super market / saat ke kantor, atau saat turun dari kendaraan umum lebih jauh dikit dari tempat tujuan agar bisa memanfaatkan waktu untuk berjalan kaki. Kalau terpaksa tidak mempunyai waktu untuk jalan kaki seperti itu, tidak ada salahnya Anda cukup berjalan ditempat cukup lima menit setiap jamnya.

Apabila kebetulan dekat pantai, Anda bisa memanfaatkan pasir pantai untuk latihan fisik dengan jalan kaki.

Jalan kaki di atas pasir seseorang dengan bobot 75kg akan membakar sekitar 275 kalori per jam. Makin empuk pasirnya makin berat bebannya. Berjalan di atas pasir membuat otot-otot harus bekerja lebih keras . Ketika kita berjalan, pasir menyerap getaran lebih banyak dibandingkan jalan kaki di atas aspal. Sedangkan untuk mengencangkan paha, Anda dapat berjalan di dalam air sedalam betis sampai pinggang. Inilah cara olahraga yang praktis, efektif, tanpa biaya.

Namun tantangan terberat yang harus dihadapi mungkin dari irama hidup masyarakat perkotaan yang terbiasa bersikap tergesa-gesa ingin serba cepat dan segera selesai. Sikap hidup seperti ini banyak memompa andrenalin dlam darah, sehingga organ tubuh terus menerus berada dalam keadaan siap siaga yang tidak sempat santai.

Maka, luangkan waktu barang sejenak untuk berjalan kaki meski ditempat, mulai sekarang! Sebelum terlambat, karena kesehatan mahal harganya!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar